Jumat, 22 Januari 2016

pengertian agama

       

1.     Pengertian AgamaAgama adalah sebuah kenyataan yang senantiasa melingkup manusia. Agama muncul pada kehidupan umat manusia dalam berbagai dimensi serta sejarahnya. Memang tidak mudah untuk mendefinisikan agama. Menurut Oxford Student Dictionary (1978) mendefinisikan agama (religion) sebagai:

“suatu kepercayaan akan keberadaan suatu kekuatan pengatur supranatural yang menciptakan dan mengendalikan alam semesta".
 
Agama (religion) pada pengertiannya yang luas dapat diartikan sebagai sistem orientasi dan obyek pengabdian. Dalam pengertian ini setiap orang adalah makhluk religius, karena tak seorang pun akan dapat hidup tanpa adanya suatu sistem yang mengaturnya dan tetap berasa dalam kondisi sehat.
Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di tengah manusia adalah produk dari aktivitas keberagamaan manusia.
Dalam Alquran “din” diartikan sebagai agama. Kata din  berasal dari akar bahasa Arab dyn memiliki banyak arti , yaitu:
·        Keberhutangan,
·        Kepatuhan,
·        Kekuasaan bijaksana, dan
·        Kecenderungan alami atau tendensi.

Dalam keadaan  seseorang mengetahui dirinya memiliki hutang kesimpulannya adalah bahwa orang itu menundukkan dirinya dalam arti menyerah dan patuh kepada hukum dan peraturan yang mengatur hutang. Demikian juga pada artian yang terbatas kepada yang berpiutang.
Sebuah agama biasanya mencakupi tiga persoalan pokok, yaitu:
1.     Keyakinan (credial), yaitu keyakinan akan adanya suatu kekuatan supranatural yang dipercayai mengatur dan menciptakan alam.
2.     Peribadatan (ritual), yaitu tingkah laku manusia didalam berhubungan dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai pengakuan dan ketundukannya.
3.     Sistem nilai yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya atau alam semesta yang dikaitkan dengan keyakinannya tersebut.
Unsur-unsur yang ada dalam sebuah agama :
1. Adanya keyakinan pada hal gaib.
2. Adanya kitab suci sebagai pedoman hidup.
3. Adanya Rasul pembawanya atau penyampai pesan.
4. Adanya ajaran yang bisa dipatuhi dan diterapkan.
- See more at: http://www.irwandasyahputra.com/2012/02/agama-dan-jenis-jenisnya.html#sthash.hn2zN0p7.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar